Pinggul adalah salah satu bagian tubuh manusia yang memegang peranan penting dalam hal pengaturan gerak gerik manusia, misalnya seperti berjalan, memutar badan, duduk dan lain sebagainya.

Jika tulang pada bagian pinggul retak, patah ataupun mengalami cedera, tentu saja itu tidak mengenakan karena aktivitas sehari hari anda akan terganggu.

Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang penyakit tulang pinggul serta operasi tulang pinggul. Berikut ini adalah ulasan tentang tulang pinggul untuk anda sekalian.

Apa Itu Tulang Pinggul

Pinggul adalah bagian sendi manusia yang menjadi penghubung antara tulang paha dan juga tulang panggul manusia. Pinggul sangat berperan penting dalam pengaturan gerak tubuh manusia.

Maka dari itu, jika Hip Fracture atau patah tulang pinggul terjadi, maka itu cukup berbahaya karena bisa mengganggu aktivitas anda sehari hari.

Jika anda merasa ada yang tidak beres pada bagian sendi ini, alangkah baiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis sendi dan tulang untuk dilakukan penangangan lebih lanjut.

Penyebab Cedera Pada Tulang Pinggul

Cedera pada tulang pinggul terjadi bila pinggul mengalami keretakan ataupun patah. Kondisi seperti ini dikenal dengan Hip Fracture dalam bahasa kedokteran.

Ada beberapa hal yang umumnya menjadi penyebab cedera pada tulang pinggul, diantaranya adalah benturan ataupun hal hal yang sifatnya alamiah.

Maksudnya apa sih sifat alamiah itu? Sifat alamiah adalah sifat yang secara alami yang mungkin terjadi pada manusia. Ini bisa diakibatkan oleh faktor umur atau misalnya penyakit penyerta tertentu.

Pada kondisi usia yang sudah tua renta, cedera pada tulang pinggul sangat rentan terjadi karena kepadatan tulang yang semakin terkikis dan menurun.

Selain karena faktor usia dan penyakit. Hal lain yang bisa menyebabkan seseorang cedera pada tulang pinggul misalnya adalah obesitas, pola hidup kurang sehat dan lain sebagainya.

Gejala Patah Tulang Pinggul

Patah tulang pinggul bisa terjadi karena benturan ataupun terjadi secara tiba tiba begitu saja. Jika anda merasakan beberapa kondisi seperti dibawah ini. Mungkin anda terserang cedera pada tulang pinggul

  • Adanya rasa sakit yang tak terbendung pada area selangkangan ataupun bagian pinggul
  • Tidak mampu berdiri secara stabil serta tidak mampu menggerakan atau memutar tungkai
  • Ada benjolan, memar ataupun pembengkakan pada area pinggul
  • Adanya perubahan pada struktur tungkai pinggul, seperti misalnya bengkok atau menjadi lebih pendek.

Jika anda mengalami kondisi seperti diatas, lebih baik anda pergi ke dokter untuk memeriksakan bagian pinggul anda karena siapa tahu anda terkena cedera pada pinggul.

Nantinya dokter akan melakukan diagnosa untuk melihat penyebab pinggul anda terasa sakit atau merasakan gejala gejala yang disebutkan diatas.

Pada kondisi cedera yang parah, mungkin anda akan diminta untuk operasi tulang pinggul. Adapun untuk biaya operasi penggantian tulang pinggul bervariasi tergantung kebijakan Rumah sakit yang anda gunakan.

 

RELATED ARTICLES

3 Rekomendasi Bali Driver Di Pulau Dewata

Bali merupakan tempat yang paling cocok untuk menghabiskan liburan menyenangkan anda. Banyak daerah-daerah wisata yang menarik seperti Uluwatu, Kuta, Ubud masih banyak daerah wisata lainnya yang bisa menjadi tempat yang ingin anda kunjungi. Jika Anda sudah mengetahui Bali Travel, maka disini kami akan membahas Bali…

Mengenal Lebih Lengkap Tentang Promo Veloz Terbaru

Veloz merupakan sebuah mobil yang mungkin  anda impikan untuk mendapatkannya. Penampilan yang menawan dan berkelas akan membuat setiap mata memandangnya akan terkesiap dan terkagum-kagum. Pada bagian interior dan eksterior mobil dilengkapi berbagai macam fitur canggih. Seperti fitur hiburan, fitur keselamatan, fitur kenyamanan, dan lain-lain.  Untuk…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *