Tanda penuaan memang identik dengan kerutan pada wajah, leher, hingga tangan. Namun begitu, tanda penuaan alami pada diri tidak selamanya berupa kerutan. Ada tanda lain yang menunjukkan bahwa tubuh kamu mulai mengalami penuaan.

Dalam hal ini, penuaan yang dimaksud adalah proses alami yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Penuaan ini pun bisa terjadi pada kulit sehat dan yang kerap dipakaikan skincare. Sebab mau bagaimana pun, penuaan akan tetap terjadi pada kulit wajah dan tubuh.

Melansir dari , ini dia tanda tanda penuaan dini pada wajah dan tubuh! Ketika bertambah usia, produksi elastin dan kolagen tak lagi sebanyak saat muda dahulu. Padahal elastin dan kolagen adalah zat dalam tubuh yang membuat kulit tetap kencang.

Akibat dari produksi elastin dan kolagen yang menurun adalah kulit tidak lagi kencang dan cenderung menurun. Penurunan kulit ini akan semakin terlihat ketika kita memasuki fase lansia. Salah satu penyebab tanda penuaan alami ini adalah gravitasi bumi yang turut menarik lapisan kulit seperti di bawah mata serta di dagu menjadi semakin menurun.

Tanda penuaan kulit alami yang berikutnya adalah penipisan kulit atau thinning . Seperti diketahui, kulit memiliki lapisan terluar yang disebut epidermis. Seiring bertambahnya usia, lapisan sel basal di dalam epidermis akan memperlambat laju produksi sel dan berakibat menipisnya sel epidermis.

Lalu hal tersebut juga berakibat pada menipisnya sel dermis, yaitu lapisan kulit di bawah epidermis. Penipisan kulit ini dalam jangka panjang akan mengakibatkan kulit kita menjadi berkerut. </strong>

Tanda penuaan alami yang selanjutnya adalah bintik bintik penuaan. Bintik penuaan ini normal terjadi karena produksi melanosit yang meningkat di beberapa bagian kulit. Hasilnya, kulit akan memiliki bintik bintik berwarna cokelat di beberapa bagian saja.

Selain itu, bintik penuaan ini juga akan terjadi di bagian kulit yang terpapar sinar matahari secara langsung, seperti wajah dan telapak tangan. Kerutan adalah tanda penuaan pada kulit yang sudah sering dijadikan tolok ukur untuk mengetahui kondisi kulit kita. Kerutan ini terjadi karena produksi elastin dan kolagen yang menurun seiring bertambahnya usia.

Kerutan sering kali diawali dengan penipisan kulit. Selain itu, kerutan juga akan lebih cepat terjadi pada bagian kulit yang aktif digerakkan, misalnya kulit di area mata serta mulut. Kawan Puan, tahukah kamu bahwa semakin tua, maka lapisan kulit akan memiliki lebih sedikit kelenjar keringat dan minyak?

Kedua kelenjar tersebut diketahui akan memengaruhi kelembapan kulit, sehingga ketika bertambah usia kulit akan menjadi lebih kering daripada sebelumnya. Efek lain dari semakin sedikit kelenjar keringat dan minyak yang dimiliki adalah rasa gatal dan kulit yang semakin keras. Maka dari itu, sejak dini kita disarankan untuk menggunakan pelembap untuk menjaga kulit dari kekeringan.

Kawan Puan, itulah beberapa tanda penuaan alami yang kelak akan kita alami seiring bertambahnya usia. (*) Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

RELATED ARTICLES

Ketika Muncul di Danau Toba, Nelayan Merana Sebut Ikan Predator ‘Iblis┬áMerah’ Rusak Ekosistem

Fenomena alam munculnya ikaniblismerah (ikanreddevil) di DanauToba merusak ekosistem alam dan turut menyengsarakan nelayan tradisional. Sejak beberapa tahunbelakangan ini, jumlah ikaniblismerah makin banyak. Hal itu diungkapkan seorang nelayan bernama Reynold Tambunan. Reynold Tambunan mengatakan keberadaan ikan iblis merah ini sangat mengganggu. Seluruh ikan yang biasa…

Leave a Reply

Your email address will not be published.